Join Me On Facebook

Senin, 26 November 2012

RPP --> kd 1.1 kelas XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                                               
                                 Nama Sekolah                : SMA Negeri 8 Purworejo
                                 Mata Pelajaran               : Matematika
                                 Kelas / Semester             : XI IPS / 1 (satu)
                                 Tahun Pelajaran              : 2012/2013

Standar Kompetensi     :    1.      Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar         :    1.1.   Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogif.
Indikator                        :    1.      Memahami cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
                                        2.           Menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.
                                        3.           Membaca sajian data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok).
                                        4.           Membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif.
Karakter yang diharapkan  :        Rasa ingin tahu, Mandiri, Kreatif, Kerja keras, Disiplin,  Demokratis.
Kewirausahaan Kreatif          :      Berorientasi tugas dan hasil, Percaya diri, Berani mengambil resiko, Keorisinilan
Alokasi Waktu                        :      8 jam pelajaran (5 pertemuan).

A.    Tujuan Pembelajaran
a.       Peserta didik dapat memahami cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
b.      Peserta didik dapat menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.
c.       Peserta didik dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi (data tunggal dan data berkelompok), dan daftar distribusi frekuensi kumulatif (data tunggal dan data berkelompok).
d.      Peserta didik dapat membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif.

B.     Materi Ajar        
a.       Pengertian dasar statistika:
-          data (jenis-jenis data, ukuran data).
-          statistika dan statistik.
-          populasi dan sampel.
-          data tunggal (pemeriksaan data, pembulatan data, penyusunan data, data terbesar, terkecil, dan median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum, statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil dan rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, jangkauan semi antar-kuartil).
b.      Penyajian data dalam bentuk tabel (daftar):
-          tabel (daftar) baris-kolom.
-          daftar distribusi   frekuensi.
-          daftar  distribusi frekuensi kumulatif.
c.       Penyajian data dalam bentuk diagram:
-          diagram garis, diagram kotak-garis.
-          diagram batang  daun.
-          diagram  batang dan diagram lingkaran.
-          histogram dan  poligon frekuensi.
-          diagram campuran. 
-          ogif.
                       
C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi
       Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, serta memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah.
·        Membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, diagram campuran, dan ogif.
·     Siswa dapat Menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.
D.    Langkah-langkah Kegiatan
Ø   Pertemuan Pertama ( 2 X 45 menit)
         Pendahuluan (5 menit)
         Apersepsi           :   Dengan tanya jawab peserta didik diingatkan kembali pelajaran denga pelajaran statistika yang pernah dipelajari di SMP
      Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengetahui cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil (kuartil pertama, kuartil kedua, kuartil ketiga), statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data   tunggal.
         Kegiatan Inti (75 menit)
& Eksplorasi
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil, statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.       
& Elaborasi
a.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas mengenai pencarian median dari data tunggal, penentuan kuartil pertama, kuartil kedua, dan kuartil ketiga dari data tunggal, penentuan rataan kuartil dan rataan tiga dari data tunggal, penentuan desil untuk data tunggal, penentuan jangkauan, jangkauan antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan mengenai cara memperoleh data, menentukan jenis dan ukuran data, memeriksa, membulatkan, dan menyusun data untuk menyelesaikan masalah, serta menentukan data terbesar, terkecil, median, kuartil, statistik lima serangkai (statistik minimum,  statistik maksimum, median, kuartil pertama, kuartil ketiga), rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
c.       Dengan tanya jawab peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas  contoh soal mengenai pengidentifikasian data yang bersifat kualitatif atau kuantitatif (data diskrit atau kontinu), mengenai populasi dan sampel, pencatatan data kuantitatif, dan penentuan statistik lima serangkai, jangkauan, jangkauan antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil (simpangan kuartil) untuk data tunggal.
& Konfirmasi
a.   Peserta didik mengerjakan soal mengenai mengenai pengidentifikasian data yang bersifat kualitatif atau kuantitatif (data diskrit atau kontinu), mengenai populasi dan sampel, pencatatan data kuantitatif, dan penentuan statistik lima serangkai, jangkauan, jangkauan antar-kuartil (hamparan), dan jangkauan semi antar-kuartil (simpangan kuartil) untuk data tunggal.
b.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas soal-soal yang sukar dikerjakan
c.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan sebagai tugas individu.
         Penutup (10 menit)
a.       Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai data (jenis-jenis data, ukuran data), penanganan awal data tunggal berupa pemeriksaan, pembulatan, dan penyusunan data tunggal, serta penentuan data terbesar, terkecil, median, kuartil, statistik lima serangkai, rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal.
b.      Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan data (jenis-jenis data, ukuran data), penanganan awal data tunggal berupa pemeriksaan, pembulatan, dan penyusunan data tunggal, serta penentuan data terbesar, terkecil, median, kuartil, statistik lima serangkai, rataan kuartil, rataan tiga, desil, jangkauan, jangkauan antar-kuartil, dan jangkauan semi antar-kuartil untuk data tunggal yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
Penugasan Terstruktur:
Pada buku paket halaman 5 Latihan I pada nomer 1 dan nomer 2.

Ø   Pertemuan Kedua ( 2 X 45 menit)
         Pendahuluan (5 menit)
   Apersepsi           :  -  Mengingat kembali mengenai penulisan data tunggal.
                                 -  Membahas PR.
Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal dan data berkelompok.          
         Kegiatan Inti (75 menit)
& Eksplorasi
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membaca data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal.
& Elaborasi
a.      Dengan bimbingan guru peserta didik mendiskusikan materi tentang cara membaca data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal.
b.      Peserta didik mendiskusikan secara lisan atau mempresentasikan tentang cara membaca data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal.
& Konfirmasi
a.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal dengan teman sebangkunya.
b.   Dengan tanya jawab peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal.
c.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan yang diberikan guru sebagai tugas individu.
         Penutup (10 menit)
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal dari soal-soal yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

Penugasan Terstruktur:
Carilah datum sebanyak 40 dari buku matematika di perpustakaan, setelah itu susunlah kedalam daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal.

Ø   Pertemuan Ketiga ( 1 X 45 menit)
         Pendahuluan (5 menit)
   Apersepsi           :  -  Mengingat kembali mengenai penulisan data tunggal.
                                 -  Membahas PR.
Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data tunggal dan data berkelompok.          
         Kegiatan Inti (30 menit)
& Eksplorasi
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membaca data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk  data berkelompok, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
& Elaborasi
a.       Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh soal mengenai daftar distribusi frekuensi data berkelompok.
b.      Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara membaca data dalam bentuk tabel (daftar), meliputi daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data berkelompok.
c.       Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data berkelompok sebagai tugas individu.
& Konfirmasi
a.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data berkelompok dengan teman sebangkunya.
b.   Dengan tanya jawab peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal.
c.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan yang diberikan guru sebagai tugas individu.
         Penutup (10 menit)
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk data berkelompok.
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi tabel (daftar) baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif untuk  data berkelompok dari soal-soal yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
Penugasan Terstruktur:
Carilah datum sebanyak 40 dari buku perpustakaan, setelah itu susunlah kedalam daftar baris-kolom, daftar distribusi frekuensi, dan daftar distribusi frekuensi kumulatif sebagai data kelompok dengan 5 kelas interval.

Ø   Pertemuan Keempat (2 X 45 menit)  
         Pendahuluan (5 menit)
         Apersepsi           :  -  Mengingat kembali mengenai bentuk data tunggal, data berkelompok, diagram batang, dan diagram lingkaran.
                                       -  Membahas PR.
      Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi.
      Kegiatan Inti (75 menit)
& Eksplorasi
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
& Elaborasi
         a.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram batang-daun, diagram batang dan diagram lingkaran, histogram, poligon frekuensi.
         b.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, histogram dan poligon frekuensi, sebagai tugas individu.
c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas soal-soal soal mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, histogram dan poligon frekuensi.
& Konfirmasi
a.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, histogram dan poligon frekuensi.
b.   Dengan tanya jawab peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal.
c.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan yang diberikan guru sebagai tugas individu.
         Penutup (10 menit)
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, histogram dan poligon frekuensi.      
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai diagram garis, diagram kotak-garis, diagram  batang-daun, histogram dan poligon frekuensi, dari soal-soal aktivitas kelas yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi laiin.
Penugasan Terstruktur:
Carilah diagram lingkaran, diagram garis, diagram batang, histogram dan poligion frekuensi pada buku matematika di perpustakaan. Gambarkan dan jelaskan apa arti yang terkandung dalam diagram tersebut.


Ø   Pertemuan Kelima (1 X 45 menit)
Pendahuluan (5 menit)
Apersepsi           :  -  Mengingat kembali mengenai bentuk data tunggal, data berkelompok, diagram batang, dan diagram lingkaran.
                                       -  Membahas PR.
Motivasi             :  Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat membaca sajian data dalam bentuk diagram campuran, dan ogif.
Kegiatan Inti (30 menit)
& Eksplorasi
         Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram campuran dan ogif, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut.
& Elaborasi
         a.   Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram campuran dan ogif.
         b.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram campuran dan ogif, sebagai tugas individu.
c.   Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas soal-soal soal mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram, meliputi diagram campuran dan ogif.
& Konfirmasi
a.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai diagram campuran dan ogif.
b.   Dengan tanya jawab peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal.
c.   Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan yang diberikan guru sebagai tugas individu
Penutup (10 menit)
         a.   Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram campuran dan ogif. 
         b.   Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
         c.   Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai cara membaca sajian data dalam bentuk diagram campuran dan ogif dari soal-soal aktivitas kelas yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
Penugasan Terstruktur:
Carilah penyajian data disekitar sekolah yang berbentuk ogive, gambarlah ulang dan lakukan identifikasi dari ogive tersebut.

E.     Alat dan Sumber Belajar
Sumber :  
-          Buku paket, yaitu buku Matematika SMA untuk Kelas XI, karangan Sartono Wirodikromo
-          Buku referensi lain.

F.      Penilaian            
Teknik                              : tugas individu.
Bentuk Instrumen            : uraian singkat.
Contoh Instrumen            :          
1.      Hasil penjualan Beras di Koperasi ”Agung Makmur” pada periode Januari – Agustus 2006 :

Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
Jul
Agust
Jumlah ( ton)
25
15
20
35
15
25
20
50

            Buatlah grafik dan diagram batangnya !
2.      Data  ekspor Ikan Bandeng dari 5 Kabupaten A, B, C, D, dan E pada tahun 2005 seperti pada diagram berikut :
Tentukan :
a.       Banyaknya eksport dari masing-masing kabupaten
b.      Kabupaten mana sebagai pengekspor terbesar
c.       Kabupaten mana  sebagai pengekspor terkecil
 
 






3.  Data kegemaran olahraga dari 200 siswa kelas X SMA 29.
No
Jenis Olahraga
Jumlah siswa
1
Sepak Bola
60
2
Bola Basket
30
3
Voli
25
4
Bulutangkis
45
5
Tenis Meja
40

a.       Buatlah diagram lingkarannya
b.      Tentukan prosentasi kegemaran dari masing-masing cabang olahraga

4.  Tabel berikut memperlihatkan hasil panen padi dan jagung dalam ton di Desa Suka Makmur selama tahun 2000 – 2006
             Hasil Panen Tahun
Padi
Jagung
2000
2001
2002
2003
2004
2005
2006
120
80
120
130
100
160
140
130
90
80
100
80
100
40
      Berdasarkan tabel diatas, gambarlah diagram batang berganda !






5.     
Tentukanlah:
a.       Table distribusi frekuensi kumulatif lebih dari
b.      Table distribusi frekuensi kumulatif kurang dari
c.       Histogram
d.      Ogive.

 
Dari data distribusi frekuensi berikut ini, buatlah :
Data
Frekuensi
11-15
5
16-20
6
21-25
12
26-30
18
31-35
9



                                                                                          Purworejo, Juli 2012
    
Guru Pembimbing                                                             Pratikan,


Heriyanto, S.Pd,                                                               Yuli Astuti
NIP 19630408 199001 1 001                                           NIM 092143759


 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar